This is default featured slide 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Sabtu, 06 Agustus 2016
Perjalanan Sejarah Kota Palu dari masa-kemasa
Rusdi Mastura, Pemimpin Sederhana Dengan Mimpi Besar.
Rusdi Mastura (lahir di Palu, Sulawesi Tengah, 8 Februari 1950) adalah wali kota Palu, Sulawesi Tengah untuk periode 2005-2010 dan kemudian terpilih kembali untuk periode 2010-2015.
Rusdi yang biasa disapa Cudi ini pertama kali terpilih sebagai Walikota Palu pada Tahun 2005 bersama Suardin Suebo yang juga Mantan Walikota Palu. Pasangan Cudi-Suardin hanya bisa bertahan hingga tahun 2008 setelah Suardin Suebo mengundurkan diri sebagai Wakil Walikota Palu karena Suardin mencalonkan diri Sebagai Bupati Kabupaten Donggala. Suardin diganti oleh Mulhanan Tombolotutu yang biasa disapa Tony.
Profil Kota Palu
Kami dari TUNAS KAILI Mempersembahkan Video Profil Kota Palu yang akan memperkenalkan kepada anda tentang Kota Palu.
Pariwisata Kota Palu
Untuk teman yang belum pernah ke kota palu bisa melihat Pariwisata Kota Palu melalui video dibawah ini!
- Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri.
- Souraja (Banua Oge) Rumah Adat.
- Masjid Terapung.
- Anjungan Nusantara.
- Gong Perdamaian.
- Universitas Tadulako.
- Jembatan IV. dan
- Masih banyak Lainnya.
Jumat, 05 Agustus 2016
Contoh Jadwal Latihan Penerimaan Tamu Ambalan
Kami dari Tunas Kaili memberikan Contoh Jadwal Latihan Penerimaan Tamu Ambalan berdasarkan Keputusan Kwarnas No. 176 Tahun 2013 Tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
Download : Jadwal Latihan Penerimaan Tamu Ambalan SMAN 5 Palu
Rabu, 03 Agustus 2016
Cara Mudah Hafal Morse
Untuk kakak-kakak yang susah menghafal morse. Kami akan memberikan caranya agar kakak lebih mudah menghafalkan morse.
Tahap Pertama:
Hafalkan kode morse di bawah ini!
A = Amo
B = Bonaparte
C = Coba-coba
D = Domine
E = Egg
F = Faterjonan
G = Golongan
H = Himalaya
I = Islam
J = Jagoloro
K = Komando
L = Lemonade
M = Motof
N = Notes
O = Omono
P = Pertolongan
Q = Qomokaro
R = Rasohe
S = Sahara
T = Tong
U = Unesco
V = Versikaro
W = Winoto
X = Xoxindero
Y = Yominoto
Z = Zoroaste
Tahap ke-Dua:
Huruf vokal : A I U E O
A I U E = Titik (.)
O = Garis (-)
Selain huruf vokal adalah huruf mati
Huruf mati tidak perlu di baca.
Contoh:
A = Amo = (.-)
B = Bonaparte = (-...)
Faizal = (..-./.-/../--../.-/.-..)
Tahap ke-Tiga:
Mengubah dari code morse menjadi sandi morse
A = Amo = (.-)
B = Bonaparte = (-...)
C = Coba-coba = (-.-.)
D = Domine = (-..)
E = Egg = (.)
F = Faterjonan = (..)
G = Golongan = (--.)
H = Himalaya = (....)
I = Islam = (..)
J = Jagoloro = (.---)
K = Komando = (-.-)
L = Lemonade = (.-..)
M = Motof = (--)
N = Notes = (-.)
O = Omono = (---)
P = Pertolongan = (.--.)
Q = Qomokaro = (--.-)
R = Rasohe = (.-.)
S = Sahara = (...)
T = Tong = (-)
U = Unesco = (..-)
V = Versikaro = (...-)
W = Winoto = (.--)
X = Xoxindero = (-..-)
Y = Yominoto = (-.--)
Z = Zoroaste = (--..)
Tahap akhir:
Mengubah huruf menjadi sandi morse.
A = (.-)
B = (-...)
C = (-.-.)
D = (-..)
E = (.)
F = (...-)
G = (--.)
H = (....)
I = (..)
J = (.---)
K = (-.-)
L = (.-..)
M = (--)
N = (-.)
O = (---)
P = (.--.)
Q = (--.-)
R = (.-.)
S = (...)
T = (-)
U = (..-)
V = (...-)
W = (.--)
X = (-..-)
Y = (-.--)
Z = (--..)
Baca Juga: Trik Cepat Hafal Morse
Sekian metode cara mudah hafal morse dari kami, semoga bermanfaat bagi kakak-kakak sekalian dan silahkan baca mater-materi lainnya.
Selasa, 02 Agustus 2016
Pembuatan KTA Pramuka Kota Palu
Apakah Kakak Sudah Terdaftar Sebagai Anggota Pramuka Di Kwartir Nasional??
Kita sebagai anggota pramuka belum sah 100% menjadi anggota pramuka jika belum mempunyai KTA (Kartu Tanda Anggota) pramuka karena jumlah anggota pramuka yang ada di Kwartir Cabang Kota Palu akan dilaporkan ke Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Jadi untuk itu, Kami menyarankan untuk kakak-kakak sekalian agar segera membuat KTA di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Palu dengan Format di bawah ini!
- Jangan lupa membawa 1 buah foto dalam bentuk Jpg.
- Foto memakai Seragam Pramuka
Kwartir Cabang Kota Palu
- Kak. Imran .R Tembantina : 082187991102
Dewan Kerja Cabang Kota Palu
- Kak. Faizal : 0823-8323-1976
- Kak. Agung : 0831-3114-0338
Senin, 01 Agustus 2016
Panduan Materi SKU Pramuka Penggalang Ramu
Empat orang penggalang sedang mendiskusikan materi SKU Penggalang |
Materi SKU Pramuka Penggalang Ramu
- Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaahPencapaian Pengisian SKU:
- Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya menjalankan ibadah di rumah
- Tahu sebutan nama pemimpin umat dari setiap golongan agama
- Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari - hari besar agamaPencapaian Pengisian SKU:
- Menyebutkan hari libur nasional keagamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya
- Menyebutkan hari keagamaan nasional di Indonesia, sesuai golongan agamanya
- Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnyaPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia
- Dapat menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing-masing golongan agama
- Agama Islam :
- Dapat melakukan mandi wajib dan mengerti penyebabnya;
- Dapat melakukan sholat berjamaah;
- Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat-surat pendek.
Agama Katolik :- Dapat berdoa Rosario, dan tahu artinya;
- Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/puteri altar ;
- Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani;
Agama Protestan :- Dapat menyanyikan beberapa nyanyian Gereja;
- Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab;
- Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu;
- Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani.Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya
- Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1 perjanjian lama
- Dapat berdoa secara sederhana di depan regunya
- Dapat menyebutkan hari-hari Kristiani
Agama Hindu :- Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantra puja Tri Sandhya dan melaksanakannya / praktik dalam kehidupan sehari hari.
- Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu.
- Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan;
- Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabharata dan Ramayana;
- Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi.
- Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama.
- Dapat mempraktikkan lebih dari satu gerakan Yoga Asanas.
Agama Budha:- Dapat menjelaskan arti/makna symbol yang terdapat di Altar Buddha;
- Dapat menyanyikan lagu Pancasila Buddhis;
- Dapat melakukan dana paramita
- Dapat menjelaskan tentang EmosiPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya
- Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya
- Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu
- Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan Pasukan PenggalangPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan
- Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauanPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan
- Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan
- Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak.Pencapaian Pengisian SKU:
- Telah mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak
- BACA : Hak Perlindungan Anak
- Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahanPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugusdepannya atau kwartir
- Membuat laporan mengikuti perkemahan
- Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannyaPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal umum dalam Gerakan Pramuka
- Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya
- Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya.Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel
- Dapat menyebutkan tokoh masyarakat di tempat tinggalnya
- Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka PenggalangPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas
- Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya
- Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas
- BACA: Kode Kehormatan Pramuka
- BACA : Dasadarma Pramuka
- Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turutPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menunjukkan presensi kehadiran selama 8 kali berturut-turut
- Tahu tentang :
- Salam Pramuka
- Motto
- Arti Lambang Gerakan Pramuka.Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka
- Dapat menyebutkan Motto Gerakan Pramuka
- Dapat menggambar lambang Gerakan Pramuka
- Tahu Pencipta Lambang Gerakan Pramuka
- BACA: Salam Pramuka
- BACA: Lambang Gerakan Pramuka
- BACA; Motto Gerakan Pramuka
- Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putihPencapaian Pengisian SKU:
- Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih
- Tahu cara menaikkan dan menurun kan bendera 1/2 tiang
- Tahu waktu pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih
- Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan.
- BACA : Sejarah Bendera Merah Putih
- Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantaraPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas
- Tahu pencipta Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya
- Pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara Bendera
- Dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara
- Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RIPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan di mana saja penggunaan lambang Indonesia
- Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila
- Tahu penempatan lambang-lambang tersebut pada perisai Burung Garuda
- Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benarPencapaian Pengisian SKU:
- Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia
- Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiriPencapaian Pengisian SKU:
- Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu
- Dapat menjelaskan fungsi menabung
- Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modernPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler
- Dapat mengenal dan memilah sampahPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat memilah golongan sampah basah dan kering
- Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga
- Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk
- Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk
- BACA : Memilah dan Mengolah Sampah
- Dapat menjelaskan teknik penjernihan airPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air
- Dapat menyebutkan minimal 5 teknik penyaringan air
- Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkatPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat membuat simpul-simpul
- Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian
- Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya
- Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul
- Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui
- Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebarPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas
- Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas
- Dapat menjelaskan alasan Jarum magnet kompas selalu ke arah Utara
- Dapat melakukan kegiatan menaksir tinggi pohon dan lebar sungai
- Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas
- BACA: Menaksir Tinggi
- BACA: Menaksir Lebar Sungai
- Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphorePencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan macam-macam sandi
- Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse
- Tahu ukuran bendera sempahore dan morse
- Dapat menunjukkan sikap yang benar ketika mengirim dan menerima berita
- BACA: Sandi-sandi dalam Pramuka
- BACA: Belajar Cepat Semaphore
- Selalu berpakaian rapi, memelihara kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannyaPencapaian Pengisian SKU:
- Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya
- Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya
- Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri
- Dapat baris-berbarisPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat melakukan gerakan aba-aba di tempat dengan baik dan benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c) hadap kanan, d) hadap kiri, e) balik kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan
- Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, dll
- Dapat melakukan baris-berbaris dengan membawa tongkat
- BACA: Tutorial Tata Cara PBB
- Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga RenangPencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga
- Dapat menyebutkan cabang olahraga modern
- Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuhPencapaian Pengisian SKU:
- Mengenal ciri-ciri dasar fisik, seperti: a) Bentuk badan ; b) Bentuk muka c) Ukuran tubuh ; d) Bentuk kaki
- Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap… a. Sikap eksklusif ; b. Sikap terbuka ; c. Sikap optimis ; d. Sikap inklusif
- Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menitPencapaian Pengisian SKU:
- Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya
Belajar semaphore cara mudah dan cepat
Seorang pramuka tengah memberikan isyarat semaphore |
Bagi pramuka terutama golongan penggalang hingga pandega keterampilan dan penguasaan semaphore sangat diperlukan. Selain semafore menjadi salah satu syarat dalam SKU (Kecakapan Umum) dan SKK (Kecakapan Khusus Juru Semboyan dan SKK Juru Isyarat Bendera), semaphore akan sangat bermanfaat dalam situasi darurat serta dapat melatih kemampuan motorik dan daya ingat.
Cara Mudah dan Cepat Belajar Semaphore
Lingkaran semphore metode 8 penjuru mata angin |
- Kunci 1: Salah satu tangan berada di titik 1 dan tangan kedua berada
di titik 2 - 8 sehingga terbentuk 7 huruf (kode isyarat semaphore) yang
terdiri atas:
(1) 1 dan 2 = Huruf A (5) 1 dan 6 = Huruf E (2) 1 dan 3 = Huruf B (6) 1 dan 7 = Huruf F (3) 1 dan 4 = Huruf C (7) 1 dan 8 = Huruf G (4) 1 dan 5 = Huruf D - Kunci 2: Salah satu tangan berada di titik 2 dan tangan kedua berada
di titik 3 - 8 sehingga terbentuk 6 huruf (kode isyarat semaphore) yang
terdiri atas:
(1) 2 dan 3 = Huruf H (4) 2 dan 6 = Huruf L (2) 2 dan 4 = Huruf I (5) 2 dan 7 = Huruf M (3) 2 dan 5 = Huruf K (6) 2 dan 8 = Huruf N - Kunci 3: Salah satu tangan berada di titik 3 dan tangan kedua berada
di titik 4 - 8 sehingga terbentuk 5 huruf (kode isyarat semaphore) yang
terdiri atas:
(1) 3 dan 4 = Huruf O (4) 3 dan 7 = Huruf R (2) 3 dan 5 = Huruf P (5) 3 dan 8 = Huruf S (3) 3 dan 6 = Huruf Q - Kunci 4: Salah satu tangan berada di titik 4 dan tangan kedua berada
di titik 5 - 8 sehingga terbentuk 4 huruf (kode isyarat semaphore) yang
terdiri atas:
(1) 4 dan 5 = Huruf T (4) 4 Dan 7 = Huruf Y (2) 4 dan 6 = Huruf U (5) 4 dan 8 = TANDA SALAH - Kunci 5: Salah satu tangan berada di titik 5 dan tangan kedua berada
di titik 6 - 8 sehingga terbentuk 3 huruf (kode isyarat semaphore) yang
terdiri atas:
(1) 5 dan 6 = TANDA ANGKA (3) 5 Dan 6 = Huruf V (2) 5 dan 7 = Huruf J - Kunci 6: Salah satu tangan berada di titik 6 dan tangan kedua berada
di titik 7 - 8 sehingga terbentuk 2 huruf (kode isyarat semaphore) yang
terdiri atas:
(1) 6 dan 7 = Huruf W (2) 6 Dan 8 = Huruf X - Kunci 7: Salah satu tangan berada di titik 7 dan tangan kedua berada
di titik 8 sehingga terbentuk 1 huruf (kode isyarat semaphore) yaitu:
(1) 7 dan 8 = Huruf Z
Kode isyarat sempahore per kunci |
Ketentuan Dasar Mengirim atau Menerima Isyarat Semaphore
Isyarat semaphor diberikan secara berpasangan, artinya terdiri atas dua pihak di mana satu pihak sebagai pengirim dan pihak lainnya sebagai penerima. Dalam menyampaikan dan menerima isyarat semaphore terdapat beberapa ketentuan yang antara lain:- Pengirim dan penerima isyarat semaphore saling berhadapan dan memakai bendera semaphore.
- Sikap tubuh tegak dengan kedua kaki agak terbuka. Posisi bendera disilangkan di bawah tubuh (posisi siap / tutup).
- Untuk memulai pengiriman, pengirim memberikan isyarat "Tanda Perhatian" berupa huruf "R - Tutup" atau "U - R" secara berulang-ulang.
- Jika penerima telah siap, penerima mengirimkan huruf "K" sedangkan jika belum siap penerima mengirim huruf "Q".
- Setelah penerima siap, pengirim mulai mengirimkan berita (pesan) huruf perhuruf. Setiap satu kata ditutup dengan "posisi tutup".
- Apabila penerima dapat menerima (membaca) pesan perkata, penerima mengirimkan isyarat huruf "C". Sedangkan jika tidak paham (tidak dapat menerima dengan baik), pengirim mengirimkan isyarat huruf "I-M-I". Pengirim mengulangi mengirimkan kata terakhir yang tidak dipahami penerima.
- Apabila pengirim keliru mengirimkan pesan, pengirim mengirimkan isyarat "Tanda Salah" atau mengirimkan huruf "E - Tutup" delapan kali kemudianmengulangi mengirim satu kata terakhir yang keliru.
- Jika semua pesan (berita) sudah selesai disampaikan, pengirim mengirimkan huruf "A-R" dan penerima membalasnya dengan huruf "R" jika telah dapat menerima semua pesan.
- Untuk mengirimkan angka, terlebih dahulu diawali dengan isyarat "Tanda Angka" (posisi 5-6) kemudian kirimkan angka dengan ketentuan angka 1 = A; 2 = B; 3 = C; 4 = D; 5 = E; 6 = F; 7 = G; 8 = H; 9 = I; dan 0 = J. Jika pengiriman angka sudah selesai dan hendak berganti mengirim huruf kirimkan isyarat huruf "J" atau "V".
Sandi-sandi dalam Pramuka
|
G
|
U
|
D
|
E
|
P
|
S
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
J
|
D
|
K
|
L
|
M
|
N
|
O
|
I
|
P
|
Q
|
R
|
S
|
T
|
A
|
U
|
V
|
W
|
X
|
Y
|
SANDI KOTAK
Kata sandi berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya rahasia .Sandi ialah suatu kode rahasia, dimana kerahasiannya hanya di ketahui oleh sekelompok orang saja.Dalam kegiatan pramuka, sandi di pergunakan pada saat melakukan haiking.Pramuka-pramuka dapat melatih diri untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang di hadapi.Yang penting dalam sandi adalah kuncinya harus jelas.
b. Sandi Kotak II ( Rangkap )
Seperti pada sandi kotak pertama hanya titiknya rangkap, jadi satu kotak untuk tiga huruf.
SANDI-SANDI
Sandi Angka
Contoh: 10, 0, 18, 10, 20, 18
Dibaca: KASKUS
Contoh: ; ' = 5 0 :
Dibaca: CENDOL
Sandi Koordinat
Sandi di dalam Kepramukaan adalah salah satu media pembelajaran yang baik bagi peserta didik baik pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega karena dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi. Pemakaian sandi dalam menyampaikan ilmu pun harus disesuaikan dengan golongan pramuka itu sendiri sehingga dapat diterima dengan mudah namun tujuan dari pembelajaran itu tetap tercapai. Ada banyak macam-macam sandi dalam kepramukaan dan kedudukannya pun tidak harus baku, sehingga nama, jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Salah satu contoh sandi yang mudah adalah sebagai berikut :
Contoh Sandi Koordinat :
Kunci : MERAH PUTIH
Kunci yang ditampilkan di papan dapat ditulis seperti contoh di atas.
Contoh soal : MP, EU, MP, RI
MP= A
EU= G
MP= A
RI= N
Sandi Kotak
Ada dua sandi kotak. Pada gambar di dalam spoiler dapat diperhatikan perbedaannya.
Sandi Sungai
Cara menulis: Huruf yang berlawanan atau berseberangan.
Contoh : OQY VOQPOQ ZMLOSO POQ
Dibaca : ANE JANGAN DIBATA GANar
Sandi Tanggal
Sandi Sisipan
Sandi Silang
Sandi Rumput
Sandi Koordinat
Sandi Kompas
Sandi Kimia
Sandi Jam
Sandi Gambar
Sandi Datar
Sandi Balik
Sandi Baca