This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 06 Agustus 2016

Perjalanan Sejarah Kota Palu dari masa-kemasa

Assalamu'alaikum Wr.Wb.  
Kami dari TUNAS KAILI Mempersembahkan Video Perjalanan Sejarah Kota Palu dari masa-kemasa.



Download Via savefrom.net
http://adf.ly/13872303/en.savefrom.net/#url=http://youtube.com/watch?v=J8yTqsguIE8&utm_source=youtube.com&utm_medium=short_domains&utm_campaign=www.ssyoutube.com
klik tombol di atas untuk download video
Share:

Rusdi Mastura, Pemimpin Sederhana Dengan Mimpi Besar.

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 
 
Rusdi Mastura (lahir di Palu, Sulawesi Tengah, 8 Februari 1950) adalah wali kota Palu, Sulawesi Tengah untuk periode 2005-2010 dan kemudian terpilih kembali untuk periode 2010-2015.

Rusdi yang biasa disapa Cudi ini pertama kali terpilih sebagai Walikota Palu pada Tahun 2005 bersama Suardin Suebo yang juga Mantan Walikota Palu. Pasangan Cudi-Suardin hanya bisa bertahan hingga tahun 2008 setelah Suardin Suebo mengundurkan diri sebagai Wakil Walikota Palu karena Suardin mencalonkan diri Sebagai Bupati Kabupaten Donggala. Suardin diganti oleh Mulhanan Tombolotutu yang biasa disapa Tony.


 

Download Via savefrom.net
http://adf.ly/13872303/en.savefrom.net/#url=http://youtube.com/watch?v=C3L_rodDVXk&utm_source=youtube.com&utm_medium=short_domains&utm_campaign=www.ssyoutube.com
klik tombol di atas untuk download video
Share:

Profil Kota Palu

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Kami dari TUNAS KAILI Mempersembahkan Video Profil Kota Palu yang akan memperkenalkan kepada anda tentang Kota Palu.


 

Download Via savefrom.net
klik tombol di atas untuk download video
Share:

Pariwisata Kota Palu

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 
Untuk teman yang belum pernah ke kota palu bisa melihat Pariwisata Kota Palu melalui video dibawah ini!
  • Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri.
  • Souraja (Banua Oge) Rumah Adat.
  • Masjid Terapung.
  • Anjungan Nusantara. 
  • Gong Perdamaian. 
  • Universitas Tadulako. 
  • Jembatan IV. dan 
  • Masih banyak Lainnya.

 Kota Palu pada malam hari



Download Via savefrom.net
http://Adf.ly/13872303/en.savefrom.net/#url=http://youtube.com/watch?v=Yh7D21sMymg&utm_source=youtube.com&utm_medium=short_domains&utm_campaign=www.ssyoutube.com
klik tombol di atas untuk download video
Share:

Jumat, 05 Agustus 2016

Contoh Jadwal Latihan Penerimaan Tamu Ambalan

Salam Pramuka!!
Kami dari Tunas Kaili memberikan Contoh Jadwal Latihan Penerimaan Tamu Ambalan berdasarkan Keputusan Kwarnas No. 176 Tahun 2013 Tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega

Download : Jadwal Latihan Penerimaan Tamu Ambalan SMAN 5 Palu

Share:

Rabu, 03 Agustus 2016

Cara Mudah Hafal Morse

Salam Pramuka!!
Untuk kakak-kakak yang susah menghafal morse. Kami akan memberikan caranya agar kakak lebih mudah menghafalkan morse.

Tahap Pertama:
Hafalkan kode morse di bawah ini!

A = Amo
B = Bonaparte
C = Coba-coba
D = Domine
E = Egg
F = Faterjonan
G = Golongan 
H = Himalaya
I = Islam
J = Jagoloro
K = Komando
L = Lemonade
M = Motof
N = Notes
O = Omono
P = Pertolongan
Q = Qomokaro
R = Rasohe
S = Sahara
T = Tong
U = Unesco
V = Versikaro
W = Winoto
X = Xoxindero
Y = Yominoto
Z = Zoroaste 

Tahap ke-Dua:
Huruf vokal : A I U E O
A I U E = Titik (.)
O           = Garis (-)
Selain huruf vokal adalah huruf mati
Huruf mati tidak perlu di baca.

 Contoh:
A = Amo = (.-)
B = Bonaparte = (-...)
Faizal = (..-./.-/../--../.-/.-..)

Tahap ke-Tiga:
Mengubah dari code morse menjadi sandi morse

A = Amo = (.-)
B = Bonaparte = (-...)
C = Coba-coba = (-.-.)
D = Domine = (-..)
E = Egg = (.)
F = Faterjonan = (..)
G = Golongan  = (--.)
H = Himalaya = (....)
I = Islam = (..)
J = Jagoloro = (.---)
K = Komando = (-.-)
L = Lemonade = (.-..)
M = Motof = (--)
N = Notes = (-.)
O = Omono = (---)
P = Pertolongan = (.--.)
Q = Qomokaro = (--.-)
R = Rasohe = (.-.)
S = Sahara = (...)
T = Tong = (-)
U = Unesco = (..-)
V = Versikaro = (...-)
W = Winoto = (.--)
X = Xoxindero = (-..-)
Y = Yominoto = (-.--)
Z = Zoroast= (--..)

Tahap akhir:
Mengubah huruf menjadi sandi morse.

A = (.-)
B = (-...)
C = (-.-.)
D = (-..)
E = (.)
F = (...-)
G = (--.)
H = (....)
I = (..)
J = (.---)
K = (-.-)
L = (.-..)
M = (--)
N = (-.)
O = (---)
P =  (.--.)
Q = (--.-)
R = (.-.)
S = (...)
T = (-)
U = (..-)
V = (...-)
W = (.--)
X = (-..-)
Y = (-.--)
Z = (--..)

Baca Juga: Trik Cepat Hafal Morse

Sekian metode cara mudah hafal morse dari kami, semoga bermanfaat bagi kakak-kakak sekalian dan silahkan baca mater-materi lainnya.
 

Share:

Selasa, 02 Agustus 2016

Pembuatan KTA Pramuka Kota Palu


Apakah Kakak Sudah Terdaftar Sebagai Anggota Pramuka Di Kwartir Nasional??

Kita sebagai anggota pramuka belum sah 100% menjadi anggota pramuka jika belum mempunyai KTA (Kartu Tanda Anggota) pramuka karena jumlah anggota pramuka yang ada di Kwartir Cabang Kota Palu akan dilaporkan ke Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Jadi untuk itu, Kami menyarankan untuk kakak-kakak sekalian agar segera membuat KTA di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Palu dengan Format di bawah ini!

Keterangan:
  • Jangan lupa membawa 1 buah foto dalam bentuk Jpg.
  • Foto memakai Seragam Pramuka 
Untuk membuat KTA Pramuka bisa menghubungi :
Kwartir Cabang Kota Palu
  •  Kak. Imran .R Tembantina : 082187991102
Dewan Kerja Cabang Kota Palu
  • Kak. Faizal    : 0823-8323-1976
  • Kak. Agung   : 0831-3114-0338


 contoh

Download : Formulir KTA Pramuka  

Share:

Senin, 01 Agustus 2016

Panduan Materi SKU Pramuka Penggalang Ramu

Panduan Materi SKU Pramuka Penggalang Ramu ini adalah panduan materi dan indikator pencapaian SKU sebagai pedoman bagi pembina penggalang dalam menguji maupun sebagai panduan bagi para calon penggalang dalam mempersiapkan diri agar dapat menyelesaikan pengisian SKU dengan mudah.
Panduan materi SKU Penggalang ini disesuaikan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 199 Tahun 2011 tentang Panduan Penyelesaian SKU Golongan Penggalang. SK ini sebagai pelengkap SK Kwarnas No 198 Tahun 2011 tentang Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang.
Empat orang penggalang sedang mendiskusikan materi SKU Penggalang
Dalam artikel ini dikhususkan membahas materi-materi dan syarat-syarat dalam SKU Penggalang Ramu. Sedangkan untuk mempelajari lebih jauh tentang Syarat Kecakapan Umum Penggalang, beserta tingkatan dan Tanda Kecakapannya,

Materi SKU Pramuka Penggalang Ramu

Materi Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penggalang Ramu terdiri atas 30 nomor yang masing-masing nomor memiliki indikator pencapaian (Pencapaian pengisian SKU) masing-masing. Adapaun SKU Penggalang Ramu selengkapnya adalah sebagai berikut:
  1. Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya menjalankan ibadah di rumah
    • Tahu sebutan nama pemimpin umat dari setiap golongan agama
  2. Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari - hari besar agama
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Menyebutkan hari libur nasional keagamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya
    • Menyebutkan hari keagamaan nasional di Indonesia, sesuai golongan agamanya
  3. Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia
    • Dapat menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing-masing golongan agama
  4. Agama Islam :     
    1. Dapat melakukan mandi wajib dan mengerti penyebabnya;  
    2. Dapat melakukan sholat berjamaah;  
    3. Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat-surat pendek.
    Agama Katolik :  
    1. Dapat berdoa Rosario, dan tahu artinya; 
    2. Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/puteri altar ;  
    3. Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani;
    Agama Protestan :   
    1. Dapat  menyanyikan beberapa nyanyian Gereja;  
    2. Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab;
    3. Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu;  
    4. Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani.
      Pencapaian Pengisian SKU:
      • Dapat menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya
      • Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1 perjanjian lama 
      • Dapat berdoa secara sederhana di depan regunya 
      • Dapat menyebutkan hari-hari Kristiani
    Agama Hindu :  
    1. Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantra puja Tri Sandhya dan melaksanakannya / praktik dalam kehidupan sehari hari.  
    2. Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu.  
    3. Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan;  
    4. Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabharata dan Ramayana;  
    5. Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi.  
    6. Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama.
    7. Dapat mempraktikkan lebih dari  satu gerakan Yoga Asanas.
    Agama Budha:  
    1. Dapat menjelaskan arti/makna symbol yang terdapat di Altar Buddha;  
    2. Dapat menyanyikan lagu Pancasila Buddhis;  
    3. Dapat melakukan dana paramita
  5. Dapat menjelaskan tentang Emosi
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya
    • Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya
    • Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu
  6. Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan
  7. Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan
    • Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan
  8. Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak.
    Pencapaian Pengisian SKU:
  9. Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugusdepannya atau kwartir
    • Membuat laporan mengikuti perkemahan
  10. Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal  Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya
    Pencapaian Pengisian SKU:
  11. Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya.
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel
    • Dapat menyebutkan tokoh masyarakat di tempat tinggalnya
  12. Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas
    • Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya
    • Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas
  13. Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menunjukkan presensi kehadiran selama 8 kali berturut-turut
  14. Tahu tentang : 
    1. Salam Pramuka 
    2. Motto 
    3. Arti Lambang Gerakan Pramuka.
      Pencapaian Pengisian SKU:
  15. Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih
    • Tahu cara menaikkan dan menurun kan bendera 1/2 tiang
    • Tahu waktu pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih 
    • Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan.
  16. Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara
    Pencapaian Pengisian SKU:
  17. Dapat menjelaskan tentang  lambang Negara RI
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebutkan di mana saja penggunaan lambang Indonesia
    • Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila
    • Tahu penempatan lambang-lambang tersebut pada perisai Burung Garuda
  18. Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia
  19. Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu
    • Dapat menjelaskan fungsi menabung
  20. Dapat menyebutkan  dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya  contoh Komputer dan telpon seluler
  21. Dapat mengenal dan memilah sampah
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat memilah golongan sampah basah dan kering
    • Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga
    • Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk
    • Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk
  22. Dapat menjelaskan teknik penjernihan air
    Pencapaian Pengisian SKU:
  23. Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat membuat simpul-simpul
    • Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian
    • Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya 
    • Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul
    • Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui
  24. Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas
    • Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas
    • Dapat menjelaskan alasan Jarum magnet kompas selalu ke arah Utara
    • Dapat melakukan  kegiatan menaksir tinggi pohon dan lebar sungai
    • Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas
  25. Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebutkan macam-macam sandi
    • Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse
    • Tahu ukuran bendera sempahore dan morse 
    • Dapat menunjukkan sikap yang benar ketika mengirim dan menerima berita
  26. Selalu berpakaian rapi, memelihara kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya
    • Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya
    • Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri
  27. Dapat baris-berbaris
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat melakukan gerakan aba-aba di tempat dengan baik dan benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c) hadap kanan, d) hadap kiri, e) balik kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan
    • Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, dll
    • Dapat  melakukan baris-berbaris  dengan membawa tongkat
  28. Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga
    • Dapat menyebutkan cabang olahraga modern
  29. Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Mengenal ciri-ciri dasar fisik, seperti: a) Bentuk badan ; b) Bentuk muka  c) Ukuran tubuh ; d) Bentuk kaki
    • Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap…  a. Sikap eksklusif ; b.  Sikap terbuka ; c. Sikap optimis ; d. Sikap inklusif
  30. Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit
    Pencapaian Pengisian SKU:
    • Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya
Beberapa syarat SKU Penggalang Ramu di atas dapat dipelajari dengan membuka artikel-artikel di blog Pramuka ini. Untuk menuju artikel perhatikan dan klik link (tautan) yang disertakan di akhir setiap nomor syarat kecakapan. 
Namun jika belum tersedia, tentunya sebagai seorang pramuka tidak akan kehilangan semangat untuk terus belajar dan menempa diri. Teruslah semangat!
Share:

Belajar semaphore cara mudah dan cepat


Belajar semaphore cara mudah dan cepat ini adalah cara mempelajari isyarat semaphore dengan mudah dan cepat. Semaphore (dalam bahasa Indonesia, kata yang baku adalah "semafor") menjadi salah satu teknik kepramukaan tentang penyampaian isyarat berita di samping morse.
Penyampaian isyarat semaphore atau semafor dilakukan dengan menggunakan sepasang bendera. Bendera berukuran 40 x 40 cm dengan tongkat pegangan sepanjang 50 cm. Tidak ada ketentuan yang mengikat terkait warna bendera semphore, namun yang umum digunakan terutama dalam Gerakan Pramuka adalah warna kuning dan merah bersilangan.

Seorang pramuka tengah memberikan isyarat semaphore

Bagi pramuka terutama golongan penggalang hingga pandega keterampilan dan penguasaan semaphore sangat diperlukan. Selain semafore menjadi salah satu syarat dalam SKU (Kecakapan Umum) dan SKK (Kecakapan Khusus Juru Semboyan dan SKK Juru Isyarat Bendera), semaphore akan sangat bermanfaat dalam situasi darurat serta dapat melatih kemampuan motorik dan daya ingat. 

Cara Mudah dan Cepat Belajar Semaphore

Salah satu cara yang paling mudah dan cepat dalam menghafalkan kode isyarat semaphore adalah dengan menggunakan metode "8 Penjuru Mata Angin" atau terkadang disebut juga sebagai metode "Jarum Jam". Dengan metode ini, menghafalkan semaphore tidak dilakukan urut sesuai dengan urutan abjad, namun dihafalkan perkunci yang terdiri atas 7 kunci.
Dalam metode ini posisi tangan disusun dalam 8 titik di sekeliling tubuh yang meliputi titik di bawah tubuh, kiri bawah tubuh, samping kiri tubuh, kiri atas tubuh, atas tubuh, kanan atas tubuh, samping kanan tubuh, dan kanan bawah tubuh. Selengkapnya lihat gambar berikut:
Lingkaran semphore metode 8 penjuru mata angin
Metode belajar semaphore ini, kode isyarat semaphore perhurufnya dibentuk dari posisi dua tangan sesuai dengan 7 kunci. Masing-masing kunci ditandai dan dinamai sesuai posisi salah satu tangan, sehingga:
  1. Kunci 1: Salah satu tangan berada di titik 1 dan tangan kedua berada di titik 2 - 8 sehingga terbentuk 7 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 1 dan 2   = Huruf A (5) 1 dan 6   = Huruf E
    (2) 1 dan 3   = Huruf B (6) 1 dan 7   = Huruf F
    (3) 1 dan 4   = Huruf C (7) 1 dan 8   = Huruf G
    (4) 1 dan 5   = Huruf D


  2. Kunci 2: Salah satu tangan berada di titik 2 dan tangan kedua berada di titik 3 - 8 sehingga terbentuk 6 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 2 dan 3   = Huruf H (4) 2 dan 6   = Huruf L
    (2) 2 dan 4   = Huruf I (5) 2 dan 7   = Huruf M
    (3) 2 dan 5   = Huruf K (6) 2 dan 8   = Huruf N
  3. Kunci 3: Salah satu tangan berada di titik 3 dan tangan kedua berada di titik 4 - 8 sehingga terbentuk 5 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)3 dan 4   =Huruf O(4)3 dan 7   =Huruf R
    (2)3 dan 5   =Huruf P(5)3 dan 8   =Huruf S
    (3)3 dan 6   =Huruf Q


  4. Kunci 4: Salah satu tangan berada di titik 4 dan tangan kedua berada di titik 5 - 8 sehingga terbentuk 4 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)4 dan 5   =Huruf T(4)4 Dan 7   =Huruf Y
    (2)4 dan 6   =Huruf U(5)4 dan 8   =TANDA SALAH
  5. Kunci 5: Salah satu tangan berada di titik 5 dan tangan kedua berada di titik 6 - 8 sehingga terbentuk 3 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)5 dan 6   =TANDA ANGKA(3)5 Dan 6   =Huruf V
    (2)5 dan 7   =Huruf J


  6. Kunci 6: Salah satu tangan berada di titik 6 dan tangan kedua berada di titik 7 - 8 sehingga terbentuk 2 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)6 dan 7   =Huruf W(2)6 Dan 8   =Huruf X
  7. Kunci 7: Salah satu tangan berada di titik 7 dan tangan kedua berada di titik 8 sehingga terbentuk 1 huruf (kode isyarat semaphore) yaitu:
    (1)7 dan 8   =Huruf Z



Untuk lebih memperjelas tentang kode isyarat semaphore masih-masing huruf, lihat gambar berikut:

Kode isyarat sempahore per kunci
Dengan menggunakan metode 8 Penjuru Mata Angin ini, belajar semaphore pasti akan menjadi lebih mudah dan cepat hafal. Cara menghafalkannya adalah dengan urut perkunci mulai dari kunci pertama hingga kunci ketujuh. Dengan berpatokan kunci pertama salah satu tangan berada di posisi satu, kunci kedua salah satu tangan berada di posisi dua dan seterusnya.

Ketentuan Dasar Mengirim atau Menerima Isyarat Semaphore

Isyarat semaphor diberikan secara berpasangan, artinya terdiri atas dua pihak di mana satu pihak sebagai pengirim dan pihak lainnya sebagai penerima. Dalam menyampaikan dan menerima isyarat semaphore terdapat beberapa ketentuan yang antara lain:

  1. Pengirim dan penerima isyarat semaphore saling berhadapan dan memakai bendera semaphore.
  2. Sikap tubuh tegak dengan kedua kaki agak terbuka. Posisi bendera disilangkan di bawah tubuh (posisi siap / tutup).
  3. Untuk memulai pengiriman, pengirim memberikan isyarat "Tanda Perhatian" berupa huruf "R - Tutup" atau "U - R" secara berulang-ulang.
  4. Jika penerima telah siap, penerima mengirimkan huruf "K" sedangkan jika belum siap penerima mengirim huruf "Q".
  5. Setelah penerima siap, pengirim mulai mengirimkan berita (pesan) huruf perhuruf. Setiap satu kata ditutup dengan "posisi tutup".
  6. Apabila penerima dapat menerima (membaca) pesan perkata, penerima mengirimkan isyarat huruf "C". Sedangkan jika tidak paham (tidak dapat menerima dengan baik), pengirim mengirimkan isyarat huruf "I-M-I". Pengirim mengulangi mengirimkan kata terakhir yang tidak dipahami penerima.
  7. Apabila pengirim keliru mengirimkan pesan, pengirim mengirimkan isyarat "Tanda Salah" atau mengirimkan huruf "E - Tutup" delapan kali kemudianmengulangi mengirim satu kata terakhir yang keliru.
  8. Jika semua pesan (berita) sudah selesai disampaikan, pengirim mengirimkan huruf "A-R" dan penerima membalasnya dengan huruf "R" jika telah dapat menerima semua pesan.
  9. Untuk mengirimkan angka, terlebih dahulu diawali dengan isyarat "Tanda Angka" (posisi 5-6) kemudian kirimkan angka dengan ketentuan angka 1 = A; 2 = B; 3 = C; 4 = D; 5 = E; 6 = F; 7 = G; 8 = H; 9 = I; dan 0 = J. Jika pengiriman angka sudah selesai dan hendak berganti mengirim huruf kirimkan isyarat huruf "J" atau "V".
Itulah cara mudah dan cepat dalam mempelajari isyarat semaphore atau semafor serta ketentuan dasar mengirim dan menerima isyarat semaphore. Untuk hal-hal lain terkait dengan semafor seperti sejarah, manfaat, aplikasi semaphore dan hal-hal lain akan dibahas di lain kesempatan. Yang terpenting sekarang tidak ada lagi adik-adik pramuka yang mengeluh kesulitan menghafalkan isyarat semaphore, karena dengan metode ini, belajar semaphore jadi mudah, cepat, dan mengasyikkan.
Share:

Sandi-sandi dalam Pramuka


 Hasil gambar untuk macam macam sandi dalam pramuka
 
Kata sandi berasal dari bahasa Sanskerta, yang artinya rahasia. Karena itu maka tulisan rahasia disebut sandi, atau tulisan-tulisan yang dirahasiakan. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali kalau kita mengetahui  kunci atau cara memecahkannya.
Asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana  dan suka berpindah-pindah tempat tinggal,untuk itu mereka harus memiliki  kata sandi dan bisa mempergunakannya berbagai bentuk sandi untuk mengecoh / mengelabui lawan-lawan atau musuhnya. Sekitar tahun 3000 SM, di Kerajaan Babilonia telah ditemukan tulisan cuneiform. Untuk mengirimkan berita rahasia antar kota, mereka menulis pesan di kepala para budak yang baru dicukur, lalu menunggu sampai rambutnya tumbuh. Kemudian budak itu dikirim ke tempat yang dituju. Di tempat tujuan, kepala budak dicukur kembali untuk mengetahui pesan yang tersembunyi.

1.       Sandi Koordinat / Merah Putih
Cara : buatlah perkataan kunci, missal GUDEP SEDIA (maka kata-kata ini yang menjadi kuncinya,ingat kata kunci harus dua kata dan jumlah hurufnya  10 buah, masing-masing kata terdiri dari 5 huruf).
G
U
D
E
P
S
A
B
C
D
E
E
F
G
H
I
J
D
K
L
M
N
O
I
P
Q
R
S
T
A
U
V
W
X
Y
2.       Sandi Rumput
Sandinya dibuat menyerupai rumput ( rumput pendek berarti titik sedangkan rumput panjang berarti garis )
Contoh :
      PRAMUKA = .--. / .-. / .- / -- / ..- / -.- / .-
      . = λ
      - = Λ



 

Maka PRAMUKA =
3.       Sandi Abjad / Sandi Balik
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
 

Z Y X W V U T S R Q P O N M L K J I H G F E D C B A
Kunci = AZ atau ZA, bisa juga ditulis A = Z atau sebaliknya.
Contoh : GUDEP akan kita tuliskan TFWVK
Kita lihat G ada di atas huruf T, lalu U ada di atas F, dst.
4.       Sandi AND
Sandi  AND adalah sandi yang huruf-hurufnya diletakkan pada kata AND,contoh :
ANDA   KANDU   ANDA   DANDA   DANDI   SANDI   NANDI
       A   K       U   A          D       A   D       I   S      I   N       I
= Aku ada di sini
5.       Sandi Siput
Sandi yang cara membacanya  berputar menyerupai rumah siput, dengan cara mencari kata yang paling tengah (ada tandanya).
Contoh :
      U  D  U  N  I  A
      D  O  W  E  L
      N  P   B  A  L
      A  N  E   D  B
      P  K  A   P  A
= Baden Powell Bapak Pandu Dunia

SANDI KOTAK

Kata sandi berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya rahasia .Sandi ialah suatu kode rahasia, dimana kerahasiannya hanya di ketahui oleh sekelompok orang saja.Dalam kegiatan pramuka, sandi di pergunakan pada saat melakukan haiking.Pramuka-pramuka dapat melatih diri untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang di hadapi.
Yang penting dalam sandi adalah kuncinya harus jelas.

kotak1.jpg

b. Sandi Kotak II ( Rangkap )
Seperti pada sandi kotak pertama hanya titiknya rangkap, jadi satu kotak untuk tiga huruf.

Sandi kotak 3
Sandi-Kotak-III.jpg 

SANDI-SANDI


Sandi Angka


Spoiler for Sandi Angka 1

Contoh: 10, 0, 18, 10, 20, 18
Dibaca: KASKUS
Spoiler for Sandi Angka 2

Contoh: ; ' = 5 0 :
Dibaca: CENDOL


Sandi Koordinat

Spoiler for Sandi Koordinat

Sandi di dalam Kepramukaan adalah salah satu media pembelajaran yang baik bagi peserta didik baik pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega karena dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi. Pemakaian sandi dalam menyampaikan ilmu pun harus disesuaikan dengan golongan pramuka itu sendiri sehingga dapat diterima dengan mudah namun tujuan dari pembelajaran itu tetap tercapai. Ada banyak macam-macam sandi dalam kepramukaan dan kedudukannya pun tidak harus baku, sehingga nama, jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Salah satu contoh sandi yang mudah adalah sebagai berikut :

Contoh Sandi Koordinat :
Kunci : MERAH PUTIH

Kunci yang ditampilkan di papan dapat ditulis seperti contoh di atas.

Contoh soal : MP, EU, MP, RI
MP= A
EU= G
MP= A
RI= N


Sandi Kotak

Ada dua sandi kotak. Pada gambar di dalam spoiler dapat diperhatikan perbedaannya.
Spoiler for Sandi Kotak 1

Spoiler for Sandi Kotak 2



Sandi Sungai
Spoiler for Sandi Sungai

Cara menulis: Huruf yang berlawanan atau berseberangan.
Contoh : OQY VOQPOQ ZMLOSO POQ
Dibaca : ANE JANGAN DIBATA GANar

Sandi Tanggal

Spoiler for Sandi Tanggal



Sandi Sisipan

Spoiler for Sandi Sisipan



Sandi Silang

Spoiler for Sandi Silang



Sandi Rumput

Spoiler for Sandi Rumput




Sandi Koordinat

Spoiler for Sandi Koordinat



Sandi Kompas
:

Spoiler for Sandi Kompas



Sandi Kimia

Spoiler for Sandi Kimia



Sandi Jam

Spoiler for Sandi Jam



Sandi Gambar

Spoiler for Sandi Gambar



Sandi Datar

Spoiler for Sandi Datar






Sandi Balik

Spoiler for Sandi Balik



Sandi Baca
  
Sandi Cina merupakan coretan-coretan yang dibentuk seperti huruf Cina, maka banyak anggota pramuka yang menyebutnya Sandi Cina.
Sandi ini hakekatnya seperti Sandi Angka, dimana setiap huruf atau coretan-coretan tersebut dapat kita hitung berdasarkan kunci, maka sandi ini harus memakai kunci:
Sandi Cina
Contoh:
Kita akan membuat instruksi sbb:
"ADIKKU TOLONG  TULISKAN TRI SATYA SECARA LENGKAP"
Maka dapat kita buat sandinya sbb:
Share:

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support